Senin, 12 Juni 2023

Gelora Pemilihan 2024: Drama Capres Masa Depan! Siapa yang Memimpin Polling?

Ada kabar menarik nih mengenai survei terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Survei Nasional (LSN). Survei ini memperlihatkan tingkat elektabilitas dari tiga bakal calon presiden (bacapres) yang tengah ramai diperbincangkan, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Hasilnya cukup menarik, karena Prabowo berhasil unggul di Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan elektabilitas sebesar 35,6%. Disusul oleh Ganjar dengan 30,2% dan Anies dengan 26,5%.


Dilansir dari detikNews, hasil survei LSN secara nasional juga menunjukkan keunggulan Prabowo dengan elektabilitas sebesar 38,5%. Ganjar berada di posisi kedua dengan 32,8%, dan Anies menempati posisi ketiga dengan 21,9%. Survei ini dilakukan pada periode 24 Mei hingga 3 Juni 2023 di 34 provinsi di Indonesia.


Jumlah responden dalam survei ini mencapai 1.420 orang, yang merupakan warga negara Indonesia dengan usia minimal 17 tahun atau yang sudah memiliki KTP. LSN menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (multistage random sampling) untuk memilih responden. Dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95% dan margin of error sebesar +/- 2,6%.


Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan menggunakan kuesioner sebagai panduan. Responden diminta untuk memberikan jawaban tertutup terkait pilihan mereka jika saat ini dilangsungkan pemilihan presiden (Pilpres) hanya dengan tiga calon di bawah ini: Prabowo, Ganjar, dan Anies. Hasilnya menunjukkan bahwa Prabowo unggul dengan elektabilitas 38,5%, disusul oleh Ganjar dengan 32,8%, dan Anies dengan 21,9%.


Secara umum, survei ini menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalami peningkatan yang konsisten di tingkat nasional. Meskipun elektabilitas Ganjar Pranowo sempat mengalami penurunan setelah kontroversi Piala Dunia U-20, namun secara keseluruhan elektabilitasnya cenderung stagnan. Sedangkan elektabilitas Anies Baswedan menunjukkan tren penurunan yang terus berlanjut," ungkap Gema Nusantara, Direktur Eksekutif LSN dalam paparan surveinya secara virtual pada hari Minggu (11/6/2023).


Survei ini juga mengungkapkan peta kekuatan elektabilitas dari masing-masing calon presiden di sembilan provinsi besar di Indonesia. Provinsi-provinsi tersebut antara lain Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.


Berikut adalah tingkat


 elektabilitas dari masing-masing calon presiden di setiap provinsi:


Sulawesi Selatan:

- Prabowo Subianto 35,6%

- Ganjar Pranowo 30,2%

- Anies Baswedan 26,5%


Sumatra Utara:

- Prabowo Subianto 42,5%

- Ganjar Pranowo 40,6%

- Anies Baswedan 13,2%


Sumatra Selatan:

- Prabowo Subianto 38,5%

- Ganjar Pranowo 28,7%

- Anies Baswedan 24,3%


Lampung:

- Ganjar Pranowo 40,2%

- Prabowo Subianto 35,4%

- Anies Baswedan 15,5%


Banten:

- Prabowo Subianto 57,3%

- Ganjar Pranowo 19,8%

- Anies Baswedan 19,2%


DKI Jakarta:

- Anies Baswedan 40,3%

- Ganjar Pranowo 27,5%

- Prabowo Subianto 27,1%


Jawa Barat:

- Prabowo Subianto 53,2%

- Anies Baswedan 22,5%

- Ganjar Pranowo 20,4%


Jawa Tengah:

- Ganjar Pranowo 58,6%

- Prabowo Subianto 25,3%

- Anies Baswedan 12,8%


Jawa Timur:

- Prabowo Subianto 41,2%

- Ganjar Pranowo 40,8%

- Anies Baswedan 13,3%


Terlihat bahwa tingkat elektabilitas setiap calon presiden berbeda di setiap provinsi. Data ini memberikan gambaran mengenai kekuatan politik mereka di wilayah-wilayah tersebut.


Nah, itulah hasil survei terbaru mengenai calon presiden 2024. Tentu saja, ini hanyalah sebuah gambaran dan situasi politik bisa berubah sewaktu-waktu. Mari kita nantikan perkembangan selanjutnya!


Semoga bermanfaat**


Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar